Hilirisasi Petani Mangga bersama Kelompok Wanita Tani di Desa Tegallinggah oleh KKN Undiksha

02 Agustus 2024 10:09:48 WITA

Jumat, 26 Juli 2024, dari pukul 15.30 hingga 19.45 WITA, Banjar Dinas Batu Candi menjadi tuan rumah pelaksanaan Hilirisasi Petani Mangga yang diadakan oleh KKN Undiksha Tahun 2024. Acara ini menyasar Kelompok Wanita Tani di Dusun Batu Candi, Desa Tegallinggah. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Kepala Dusun Batu Candi yakni Bapak Kadek Rai, Narasumber Pendemostrasian Keripik Mangga yakni Ni Putu Tania Sinta Dewi, Ketua Kelompok Wanita Tani yakni Ibu Ketut kertiasih, dan seluruh anggota Kelompok Tani yang turut hadir dalam acara Hilirisasi Pertanian Buah Mangga Menjadi Kripik di Desa Tegallinggah.

Hilirisasi merupakan proses pengolahan bahan mentah atau produk dasar menjadi produk yang lebih bernilai tambah. Pada dusun Batu Candi, buah mangga merupakan salah satu hasil sektor pertanian yang dapat diolah untuk menghasilkan produk dan nantinya dapat meningkatkan nilai ekonomis serta menciptakan lebih banyak lapangan kerja.

Kegiatan Hilirisasi di Dusun Batu Candi dilakukan dengan berkolaborasi serta melibatkan pelatihan mengenai pengolahan mangga menjadi produk keripik mangga. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan nilai jual produk mangga serta meningkatkan pendapatan petani lokal melalui pemanfaatan produk olahan.

Hilirisasi pertanian buah mangga menjadi kripik bersama kelompok wanita tani adalah proses transformasi hasil pertanian dari kebun mangga menjadi produk olahan. Dalam proses ini, kelompok wanita tani terlibat dalam setiap tahap produksi untuk meningkatkan pendapatan dan keterampilan mereka. Melalui kegiatan hilirisasi ini diharapkan dapat menghasilkan produk yang mampu meningkatkan nilai ekonomis bagi masyarakat.

Komentar atas Hilirisasi Petani Mangga bersama Kelompok Wanita Tani di Desa Tegallinggah oleh KKN Undiksha

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Tegallinggah

tampilkan dalam peta lebih besar